5 Masalah Yang Sering Dialami Saat Belanja Online - SmartExpo.info

Hot

Post Top Ad

Thursday, August 4, 2016

5 Masalah Yang Sering Dialami Saat Belanja Online

Sering berbelanja di toko online? jika ya, anda pasti pernah mengalami beberapa masalah di bawah ini. Bagaimana perasaan anda? Wah… pastinya campur aduk, ada rasa sedih, marah, kesal dan lain-lain. Masalah-masalah yang terjadi saat berbelanja online sebenarnya tidak hanya anda saja yang mengalami, tapi orang-orang di luar sana juga mungkin pernah merasakan hal yang sama. akhirnya mereka pun curhat di facebook maupun situs forum lainnya.

ilustrasi belanja online foto:primaradio.com
Bagi yang belum tahu mengenai masalah apa saja yang bisa terjadi ketika orang sering berbelanja online, baik lewat online shop milik pribadi atau lewat situs toko online besar, anda bisa simak ulasannya berikut ini. Setidaknya ada 5 masalah yang akan kita bahas. Apa saja? Penasaran?

1.     Telat Datang

Berbelanja lewat online pasti memerlukan jasa pengiriman barang untuk mengantarkan pesanan ke alamat pembeli. Ada beberapa kategori pilihan pengiriman, mulai dari yang cepat dan agak lambat. Namun biasanya, ada keterangan berapa hari waktu yang diperlukan agar paket bisa sampai ke tangan pembeli. Nah, terkadang beberapa faktor membuat paket datang terlambat atau tidak sesuai jadwal pengiriman sehingga seringkali membuat pembeli kecewa.

2.     Barang Tidak Sesuai

Saat memilih item yang ingin dibeli, costumer hanya dapat melihat melalui foto barang yang dipajang lewat online shop atau situs. Tampak pada gambar, barang begitu terlihat bagus dan menarik, namun ketika sudah sampai ke pembeli ternyata barang jelek atau tidak sesuai seperti di foto. Duh… kalau sudah seperti ini, pembeli pasti jadi sedih.

3.     Barang Rusak/Cacat

Kerusakan barang bisa terjadi karena beberapa sebab, misalnya kurangnya perlindungan terhadap barang yang dikirim, saat proses pengiriman terjadi kecelakaan misalnya jatuh, atau karena dari penjual online yang memang sengaja mengirimkan barang yang rusak. Untuk masalah yang satu ini, memang harus dipastikan terlebih dahulu apa penyebabnya sebelum pembeli ingin melakukan komplain.

4.     Pembatalan Sepihak

Ketika pembeli sudah mengkonfirmasi segala hal yang diperlukan dalam proses jual beli online dan tinggal menunggu pengiriman barang, tiba-tiba pihak online shop melakukan pembatalan sepihak misalnya karena ada masalah dengan jumlah stok yang ternyata kosong, tentu ini akan menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Masalah ini memang kerap terjadi, terlebih oleh oknum seller yang kurang bertanggung jawab.

5.     Penipuan

Sudah sering rasanya kita mendengar penipuan yang terjadi lewat internet, seperti adanya online shop abal-abal. Beberapa orang pernah mengalami hal ini. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli, ketahui lebih dahulu bagaimana ciri-ciri online shop terpercaya dan mana yang penipuan. 

dari beberapa masalah di atas maka patut kiranya kita jadikan pelajaran dan lebih baiknya kita berhati-hati dalam membeli online, mengingat jual beli online ini selain memang banyak kemudahan tetapi juga ada beberapa kelemahan yang harus diwaspadai seperti di atas, selain itu berbelanja lah di situs online yang sudah punya nama atau besar di Indonesia, contohnya seperti blanja.com karena situs ini partnernya Ebay yaitu situs besar dunia, selain itu kalau ada masalah kita akan mudah mengklaimnya, dan tidak akan ditinggal kabur seperti kasus penipuan online kebanyakan sekarang ini.
Jadi, telitilah sebelum membeli!

Post Top Ad