Friday, October 20, 2017

Madras, Perkampungan Rasa Bollywood di Medan




Source: tribunnews.com

India adalah salah satu negara di dunia yang menarik untuk dikunjungi. Kampung halaman para bintang Bollywood ini sangat unik dan punya ciri khas yang sulit ditemukan negara lain. Maka tak heran kalau banyak turis asing yang berkunjung ke sini. Bahkan, seorang Travel Vlogger bernama Sam Kolder yang namanya terkenal di Youtube dan Lady Diana pun pernah berkunjung ke sini, sampai pada akhirnya Pangeran William dan Kate Middleton pun mengikuti jejaknya.

Bagi banyak traveller asal Indonesia, terutama para pecinta film Bollywood, liburan ke India tentu akan jadi hal yang sangat dinanti. Sayangnya, liburan ke Negeri Barata bukanlah sesuatu yang mudah dan murah. Untuk prgi ke sana, kamu membutuhkan biaya yang besar, waktu luang yang lebih banyak, dan beberapa persiapan lainnya.

Tapi tenang saja, kalau hanya untuk sedikit merasakan sensasi liburan dengan nuansa Bollywood, kamu tidak perlu pergi jauh ke tempat produksi film ‘Kuch Kuch Hota Hai’ tersebut. Karena hanya dengan memesan hotel murah di Medan, kamu bisa melihat suatu tempat dengan nuansa Bollywod yang cukup kental.

Nama tempat tersebut adalah Kampung Madras, sebuah kawasan permukiman India yang ada di antara Kecamatan Medan Polonial dan Medan Petisah, Kota Medan atau tepatnya berada di kawasan Zainun Arifin. Letaknya berada percis di jantung Kota Medan dan akses ke Kampung Madras ini sangat mudah dan ada banyak hotel murah di Medan di sekitarnya.

Sesuai julukannya sebagai ‘The Little India’ perkampungan seluas 10 ha ini dihuni oleh orang-orang keturunan India, lengkap dengan bangunan-bangun bernuansa Bollywood. Sejarah berdirinya Kampung Madras ini sudah dimulai sejak berabad-abad yang lalu kala orang-orang India mulai berdatangan ke Indonesia untuk berdagang sambil menyebarkan agama Hindu dan Budha di Tanah Air.

Lalu di abad ke 19, beberapa masyarakat suku Tamil dari Madras, India mulai didatangkan untuk bekerja sebagai buruh di perkebunan tembakau yang ada di Deli. Tenaga mereka sangat berguna pada saat itu karena para pendatang dari India ini bekerja dengan sangat giat. Sampai pada akhirnya, orang India lainnya pun tertarik untuk datang ke Medan untuk mengadu nasib sebagai buruh perkebunan, pekerja konstruksi, hingga pedangan. Mereka yang menyusul para pendahulunya ini tidak hanya datang dari etnis Tamil, ada juga orang india yang berasal dari entis Punjab. Cheyttar, dan Sigh.

Seiring berjalannya waktu, jumlah imigran India yang ada di medan pun semakin banyak. Sampai pada akhirnya, muncul simpul yang berisi orang-orang India hingga membuntuk sebuah kawasan pemukiman yang dihuni oleh para keturunan India. Hebatnya, para penduduk India ini bisa berbaur dengan penduduk setempat hingga mereka pun dapat diteruma dengan baik.

Masyarakat Medan pun menyebut kawasan pemukiman yang dihuni orang-orang india ini dengan nama ‘Kampung Keling. Ada referensi yang menyebutkan kalau nama ini merujuk pada warna kulit orang India yang cenderung keling atau hitam seperti masyarkat di Selatan India pada umumnya. Sedangkan orang Tamil di sana lebih senang menyebut tempat tinggal mereka sebagai kampung Madras karena sesuai dengan tempat asal mereka.

Tak hanya rumah, orang Tamil di Kampung Madras pun membangun berbagai fasilitas ibadah seperti Kuil Shri Mariamman yang didesain menyerupai kuil yang ada di India pada tahun 1881. Kuil ini dilengkapi menari bertingkat berwarna merah, patung dan patung Trimurti yang melambangkan dewa-dewa yang memagang peran penting dalam kepercayaan umat Hindu, serta ornemaen khas India lainnya. Sampai saat ini, kuil ini masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu dan jadi aset pariwisata di sana. Di sini juga terdapat jalan yang namanya diambil dari bahasa India. Beberapa nama jalan tersebut ada yang masih dipertahankan sampai sekarang.

Para keturunan India Tamil di Medan ini pun masih memertahankan tradisi nenek moyangnya. Bahkan, perayaan hari besar di India seperti Festival Colour Holy dan Deepawali pun sering digelar di Kampung Madras. Jadi kalau ingin merasakan suasana India yang kental, sebaiknya kunjungi Kampung Madras saat perayaan hari besar tersebut.

Sayangnya, nuansa Bollywood yang ada di kampung ini sudah tidak seperti dulu karena jumlah keturunan India yang ada di sini sudah mulai berkurang. Tapi tenang saja, beberapa keturunan India, tradisi yang masih bertahan, dan bangunan khas Bollywood yang masih eksis di sana tetap bisa sedikit mengobati keinginanmu untuk pergi ke India.

Maka dari itu, ayo buat rencana liburan di Medan dan kunjungilah Kampung Madras agar merasakan sensasi liburan ala Bollywood tanpa harus pergi jauh ke India. Untuk mendapatkan hotel murah di Medan, kamu bisa melakukan reservasi hotel online di reservasi.com.

Dengan melakukan reservasi hotel online di reservasi.com, kamu bisa memesan kamar hotel pilihan dengan penawaran harga terbaik.